Sunday, October 23, 2016

Wisata Semarang : Wahana Curug 7 Bidadari

Macam-macam wahana yang ada di Wisata Curug 7 Bidadari
1. Curug
      Curug atau yang dalam bahasa Indonesia disebut air terjun merupakan wahana alami yang di tonjolkan di Obyek Wisata Curug 7 Bidadari. Letak Curug ini tidak jauh dari area parkir kendaraan. Letak yang strategis itu menjadi keunggulan tersendiri dari Curug 7 Bidadari. Pengunjung tidak perlu berjalan terlalu jauh untuk dapat menikmati indahnya guyuran air yang segar dan jernih itu. Letak curug ini hanya sekitar 100 meter dari tempat parkir kendaraan. adaa 7 curug atau aliran air terjun di byek Wisata Curug 7 Bidadari. Ketujuh curug itu berada di satu tempat diatas kedung wali.  


2. Kedung Wali 

Kedung Wali atau Kedung yang berbentuk Kuali yang dalam bahasa Indonesia merupakan alat masak ini memiliki keunikan tersendiri. Kedung wali layaknya kolam renang alami. Airnya yang jernih serta tenang menggoda pengunjung untuk ceguran atau mandi dan bermain air di kedung itu. Kedung wali konon adalah kedung yang dijadikan tempat mandi oleh bidadari-bidadari yang turun dari kayangan karena adanya pelangi yang mengarah langsung ke kedung itu. Entah cerita ini bernar atau tidak konon keprcayaan masyarakat jawa ketika ada pelangi itu pertanda bidadari sedang turun ke bumi untuk mandi.

3. Air Bertuah
           Air Bertuah merupak salah satu hal yang di tonjolkan oleh byek Wisata Curug 7 Bidadari selain Curug tentunya. Air Bertuah tergolong air yang ajaib. Konon orang yang memiliki hajat atau keingingan dapat terkabul jika telah meminum dan cuci muka denga air ini sebanyak tiga kali. Dari cerita narasumber konon banyak yang sudah membuktikan khasiat air ini. Orang yang kena penyakit bisa sembuh. Orang yang sulit jodoh bisa dapat jodoh. Orang yang ingin naik pangkat bisa naik pangkat, dan masih banyak lagi.

4. Kedung Kemuning
        Kedung Kemuning merupakan salah satu kolam wisata alami yang ada di Area Curug 7 Bidadari. Tempatnya yang luas dan airnya jernih dan sangat segar di buat berenang menjadi daya tarik tersendiri dari Obyek Wisata Curug 7 Bidadari. Letak kedung kemuning ada tepat di belakang panggung utama dan dekat dengan tempat parkir kendaraan. kedung kemuning konon juga merupakan kedung yang pernah di jadikan tempat mandi oleh bidadari-bidadari dari kayangan.

5. Sport Wisata/Outbond
         Sport Wisata / Outbond ini adalah wahana bermain anak-anak gagasan KKN Unnes tahun 2015. Sport Wisata / Outbond merupakan salah satu Progja (Program Kerja) gagasan Nurul Aziz salah satu Mahasiswa KKN Unnes Jurusan Bahsa dan Sastra Indonesia. Adanya kekosongan tempat dan wahana
beberapa wahana yang kurang termanfaatkan menjadi motivasi pembuatan Sport Wisata / utbond ini. Ada bebrapa jenis permainan yang ada di Wahan ini yaitu Ayunan, perosotan, Merayap, Meniti, dan Lompat Ban. Tidak semua permainan di buat langsung oleh Tim KKN Unnes, namun ada satu permainan yaitu perosotan yang memang sudah ada namun terbengkalai karen kurangnya perawatan. Permainan-permainan itu di buat dengan memanfaatan limbah seperti Ban Mobil yang sudah rusak serta Bambu yang tersedia melimpah di sekitar wisata Curug 7 Bidadari.






Infrastruktur yang ada di
Curug 7 Bidadari
1. Gapura Utama


Gambar Gapura selamat datang
Curug 7 Bidadari adalah wisata yang menonjolkan kealamianya. Tiap pengunjung yang masuk atau mengunjungi Wisata Curug 7 Bidadari akan disambut dengan Gapura selamat datang atau pintu masuk utama yang terbuat dari bambu dan menonjolkan kealamian. Kerangka gapura terbuat dari bambu sedangkan atap gapura terbuat dari Ijuk. Gapura utama membentang langsung di jalan sehingga pengunjung yang melihat gapura sudah paham bahwa mereka telah memasuki area Wisata Curug 7 Bidadari.
2. Tempat Parkir Kendaraan


Gambar Tempat Parkir Roda Empat
Gambar Tempat Parkir Kendaraan Roda Dua
Curug 7 Bidadari merupakan wisata yang sadar akan kenyamanan dan keamanan yang dirasakan oleh pengunjung. Oleh karena itu di Area wisata Curug 7 Bidadari tersedia du area parkir yaitu area parkir roda dua dan roda empat. Untuk biaya parkir setiap kendaraan di kenakan biaya dua ribu rupiah. Setiap kendaraan di berikan kartu parkir yang tertuliskan nomor kendaraannya. Setiap pengunjung yang keluar atau pulang di mintai nomor untuk dmemperlihatkan kartu itu demi keamanan. Sedangkan untuk pengunjung yang tidak bisa menunjukan kartu parkir pihak pengelola curug bagian parkir berhak memeriksa STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) mereka.
3. Gazebo


Gambar Gazebo Utama
Gambar Gazebo Lesehan
Curug 7 Bidadari merupakan wisata yang sanat mementingkan kenyamanan dan kepuasan pengunjung. Adanya gazebo-gazebo diharapkan dapat memberikan rasa nyaman bagi pengunjung dalam menikmati wisata alam ini. Ada banyak gazebo yang sengaja dibangun oleh pihak curug. Diantaranya adalah gazebo di atas tadi. Gazebo utama biasanya di gunakan untuk berbagai macam pertunjukan sedangkan gazebo gazebo yang lain biasanya di gunakan untuk tempat berteduh bagi para pengunjung. Kebanyakan pengunjung yang datang berkelompok memasuki area gazebo untuk lesehan, bercerita, ,bercengkerama, dll.
4. Jembatan

Gamabar Jembatan Satu
Gambar Jembatan Dua
Curug 7 Bidadari adalah wisata yang sangat menonjolkan kealamianya. Oleh karena itu jembatan-jembatan yang ada juga di buat dari bahan alalmi yaitu bambu. Tersedianya banyak bambu di area wisata membuat pengelola curug tidak kesulitan untuk mencari bahan baku pembuat jembatan. Ada dua jembatan di area wisata yaitu jembatan satu yang terletak dekat area parkir kendaraan dan jembatan dua yang terletak dekat curug. Semua jembatan itu di buat dengan desai alami. Jembatan satu memiliki atap. Atap yang diguanakan di jembatan satu juga berbahan baku alam yaitu ijuk. Sedangan jembatan dua tidak beratap namun untuk mengikat bambu-bambunya juga digunakan talu berbahan ijuk.
5. Mushola

Gambar Mushola
Curug 7 Bidadari merupakan tempat wisata yang sangat peduli akan kenyamanan pengunjung. Tersedianya Mushola (Tempat Ibadah Muslim) membuat pengunjung yang beragama islam merasa tenang jika harus berlama-lama berwisata di curug. Karena mereka tidak perlu meninggalkan ibadahnya jika berlama-lama di curug. Pengunjung tetap dapat melaksanakan ibadahnya tanpa harus pulang atau mencari tempat ibadah di luar karena di area curug sudah di sediakan tempat ibadah. Mushola yang terbuat beratapkan ijuk ini sangat unik bentuknya. Selain kecil letaknya juga ada di dekat aliran sungai curug 7 bidadari. Letak Mushola ini juga sangat strategis yaitu di dekat kantin atau warung-warung makan. Bangunan yang di dominasi bahan bambu ini memiliki luas sekitar 3x3 meter.
6. Toilet

Gambar Toilet
Toilet merupakan sesuatu yang sangat penting dan harus ada demi terciptanya kenyamanan pengunjung. Oleh karena itu pihak pengelola curug membangun sebuah toilet di area dekat lahan perkemahan dan Sport Wisata gagasan KKN Unnes 2015. Bangunan toilet ini ada empat pintu. Tilet yang ada di wisata Curug 7 Bidadari masih terblang sederhana namun unik dan alami. Toilet terbuat dari bambu dan beratapkan ijuk seperti bangunan-bangunan lain yang ada di area wisata. Pengelolaan yang sangat baik dan ketersdiaanya air yang melimpah membuat toilet yang ada di Obyek Wisata Curug 7 Bidadari sangat terjaga kebersihanya.
7. Buper/Bumi Perkemahan

Gambar Buper
Buper atau bumi perkemahan merupakan salah satu yang disediakan oleh wisata Curug 7 Bidadari. Selain menedapankan wisata alam Curug 7 Bidadari juga menyediakan lahan perkemahan guna memikat pengunjung. Kenyamanan infrastruktur yang ada banyak sekolah-sekolah bahkan universitas mengadakan kemah atau makrab (malam keakraban) di buper Curug 7 Bidadari. Prosedur untuk dapat melakukan kemah di lahan buper Curug 7 Bidadari adalah dengan memesanya terlebih dahulu. Pemesanan dapat dilakukan secara langsung mendatangi lokasi dan bertemu dengan ketua pengelola curug yaitu Pak Basuki atau juga dengan via telephon ke nomor Pak Basuki 082137015600.

author : TIM KKN ALTERNATIF UNNES 2015

0 komentar

Post a Comment