Tuesday, September 26, 2017

Ciri-ciri ordo Carnivora

ORDO CARNIVORE
Karnivora termasuk kedalam ordo mamalia yang mencakup kelompok famili seperti anjing, kucing, beruang, dan anjing laut. Ada lebih dari 260 spesies yang tergolong karnivora. Anggota Carnivora ditempatkan ke dalam dua sub-ordo utama, yaitu Feliformia (seperti kucing) dan Caniformia (seperti anjing). Beberapa sub-kelompok utama dalam Feliformia adalah famili Felidae (kucing), Hyaenidae (hyena), dan Herpestidae (musang). Beberapa sub-kelompok utama dalam Caniformina adalah famili Canidae (anjing, serigala, dan rubah), Ursidae (beruang), Mustelidae (musang, luak, dan berang-berang), dan Mephitidae (sigung), serta pinnipeds (anjing laut , singa laut, dan beruang laut).
Karnivora memiliki bentuk tengkorak yang khas. Gigi taring mereka termasuk menonjol dan carnassials, sementara gigi geliginya adalah seperti pisau dan lebih cocok untuk memotong dari pada mengunyah. Karnivora, tidak seperti banyak mamalia lain, mereka tidak bisa menggerakan rahang mereka dari sisi ke sisi tetapi hanya dapat terbuka dan dapat menutup mulut mereka.
Pengecualian untuk pinnipeds air, yang memiliki tungkai depan dan tungkai belakang berupa sirip, karnivora berjalan dengan keempat kakinya. Beberapa, seperti kucing dan anjing, berjalan pada kaki mereka, dan beberapa, seperti beruang dan rakun, dengan telapak kaki seperti manusia. Tubuh pada umumnya ditutupi dengan bulu tebal. Hampir semua karnivora memiliki ekor, yang memiliki fungsi yang berbeda dalam berbagai cara oleh spesies yang berbeda. Binturong, atau Bearcat (Artictis binturong), memiliki ekor yang dapat memegang (prehensile tail) (Voelker 1986). Semua karnivora memiliki kelenjar bau di daerah anal mereka. Sekresi dari kelenjar ini sering digunakan untuk menandai wilayah. Sigung dan beberapa jenis yang lain, mereka gunakan sebagai senjata defensif (UCMP 2007).
Karnivora yang ditemukan, hampir semua habitatnya di daratan sebagian besar dunia. Australia tidak memiliki karnivora darat kecuali yang diperkenalkan oleh manusia, di antaranya dingo (Canus familiaris dingo), yang merupakan anjing liar, diperkenalkan pada zaman prasejarah, dan kucing maupun rubah, yang diperkenalkan kemudian. Semua mamalia darat asli di Australia adalah marsupial. Pinniped ditemukan di perairan pesisir dan pantai semua benua, termasuk Australia dan Antartica (Voelker 1986).

Karnivora memainkan peran penting di alam dengan membantu untuk mengontrol jumlah spesies hewan lainnya. Hal tersebut melindungi tanaman dari penggembalaan ternak yang berlebihan dan menjaga ekosistem seimbang. Peran penting lainnya adalah makan tubuh hewan yang telah mati. 

0 komentar

Post a Comment