Tuesday, September 26, 2017

Ciri-ciri Famili Felidae (Kucing)

Family Felidae (Kucing)
Felidae pertama kali dikenal pada masa Eocene sekitar 40 juta tahun yang lalu. Felidae yang paling dikenal adalah kucing peliharaan / kucing domestik (sub species Felis silvetris catus) yang mulai berassosiasi (akrab) dengan kehidupan manusia sejak 7.000 sampai dengan 4.000 tahun yang lalu. Namun masih banyak jenis-jenis kucing lainnya yang hidup liar di alam yang jauh dari kehidupan manusia bahkan kurang diketahui oleh manusia.
Secara taksonomi, keluarga felidae semula diklasifikasikan dalam 4 sub famili, yaitu : Felinae, Pantherinae, Machairodontinae dan Proailurinae Dari ke empat sub famili tersebut dua yang terakhir yaitu Machairodontinae dan Proailurinae telah punah, sedangkan genus acinonyx ditingkatkan statusnya menjadi sub famili, sehingga keluarga felidae sekarang memiliki 3 sub famili yang masih ada dan hidup di alam liar yaitu : Felinae, Pantherinae, dan Acinonychinae.
Sub famili Felinae memiliki 14 genus (Marga) dengan 29 species/jenis, sub famili Pantherinae memiliki 3 genus dengan 7 species/jenis dan sub famili Acinonychinae memiliki 1 genus dengan 1 spesies/jenis.


Subfamily Felinae ; small cats
Genus Acinonyx - cheetah
Genus Caracal - caracal
Genus Catopuma - Asiatic golden cat and bay cat
Genus Felis - small cats
Genus Leopardus - small American cats
Genus Leptailurus - serval
Genus Lynx - lynxes
Genus Pardofelis - marbled cat
Genus Prionailurus - Asian small cats
Genus Profelis - African golden cat
Genus Puma - puma and jaguarundi
Subfamily Pantherinae ; roaring cats
Genus Neofelis - clouded leopard
Genus Panthera - roaring cats
            Genus Uncia - snow leopard

0 komentar

Post a Comment